◄ Vice Versa ►

Friday, May 25, 2007

Cerbung: Air Mata Sahabat

"Ci, Sini dong. Mau curhat niy..."

Weleh-weleh... situ yang mau curhat, kok gw yang disuruh dateng. Tapi mengingat daripada dosa tali silaturahim putus karena hal sepele, jadi gw datengin temen gw itu. Pasang muka ramah, muka kasihan, tiba-tiba gw berkata, “ada apa honey? Pengen cerita? Tentang siapa? Si Ikhwan itu lagi? Tau gak, sebaiknya kita gak usah ngomongin dia lagi yah. Gak baek. Nyiksa diri sendiri. Ngabisin waktu. Mending kita makan es krim di kampung baru. Yuk! Murah kok. Harganya cuma 1500. Rasa kayak es krim restoran. Yuk!” Gw gandeng tangan dia. Temen gw bengong ngeliat reaksi gw. Hehe, syukurin! Biar aer mata lo masuk lagi, pikir gw. Dia ngikut aja kemana mau gw. Lalu dengan tampang begonya, dia nanya, “kok tanggepan lo gitu banget siy, ci..” Gw liat muka dia. Yah, yaaaaaah! Kok malah makin parah nangisnya. Sambil ngebuang napas panjang, gw berenti. Kami akhirnya duduk di pinggiran jalan. Gak peduli orang-orang pada heran ngeliatin dia nangis.

-break dulu- Fren, tau gak? Temen gw emang hobi nangis. Bentar-bentar nangis. Bahagia nangis. Sedih juga nangis. Pokoknya wajar deh kalo dia sekarang nangis. Kemaren aja, sepele siy, gara-gara gw salah nyebut nama ikhwan yang dia kagumin, eh, dia nangis. Bilangin gw tega lah, bilangin gw ternyata gak perhatian lah. Pokoknya ribet dah! –end of break-

Gw specchless fren. Gak tau mesti ngomong gimana. Emang siy, manusia dianugerahi perasaan suka ama lawan jenis. Tapi gak segininya, kali! “Ci.. hiks! Dia tega banget ama gw. Hiks! Dia gak bales sms gw. Dia bilang kalo gw niy cewek yang sebaiknya bebenah diri dulu. Mantepin dulu agama gw. Hiks! Dia jahat ci..” Akhirnya dia bercerita. Fiuh! Sambil narik dia ke tempat yang lebih aman, karena gak berapa lama, makin banyak orang yang ngerubungin kami. Dah kayak artis deh! Setelah dapet tempat pas. Di bawah pohon rindang, daun-daun berguguran. Kicau burung ber... ah! Apaan seh. Dramatisir banget. Wong cuma tempat di bawah pohon pete kok. Mana panas terik lagi.

“Say, tuh elo tau kalo tuh Ikhwan jahat. Udah, makanya lupain aja. Ngapain siy? Ya, gw bukannya gak mau dengerin lo ngomong (padahal iya!). Tapi gw cuma kasian liat lo. Yang dikit-dikit nangis, dia begini lah. Dia begitu lah. Kan sayang pahala lo lari ke dia semua. Pahala gw juga ngikut. Jodoh tuh di tangan Allah. Mendingan juga lo dengerin tuh Ikhwan. Kayaknya bener deh. Jaga dong imej lo sebagai cewek.” Panjang lebar gw ngoceh. Temen gw akhirnya diem.
“Selama ini gw curhat ama lo, ci. Kan lo tau kenapa gw ngelakuin hal ini.”

“Iya, tapi bukan berarti lo ngiba-ngiba kayak gitu dong! Seharusnya kan cowok yang mulai.” Dalem hati gw ngumpat tuh cowok. Dasar munafik lo! Suatu saat gw bakalan bongkar topeng lo.

-break dulu- Fren, pasti lo pada bingung ama cerita gw. Beneran gak siy ada kejadian kayak gini? Trus, kok bisa cewek itu ngiba-ngiba ama seorang ikhwan? Topeng apaan siy? Yang jelas fren, gw pengen elo ngambil hikmahnya aja. –end of break-

Temen gw berusaha buat nahan tangisnya. Sesekali dia narik nafas panjang, walaupun masih sesegukan. Gw inget gw bawa tissue super wangi gw. Gw kasih ke dia. “Makasih, Ci. Tissuenya wangi. Elo emang sohib gw, deh.” Gw ikut senyum ngeliat senyum dia. Jarang-jarang gw liat senyum dia semanis ini. Apa gara-gara tissue gw kali ya? Hihi. Yang jelas, walaupun gw gak tau endingnya kayak mana. Gw ngerasa tenang sekarang.

to be continued...

2 comments:

"ario purba supardjo" said...

aku juga punya teman cowo yang seperti itu, munafik bgt dech... kliatannya alim (kalau ngomong pake bahasa arab trus) tp dah nyakitin banyak cewe!

tapi banyak cewe tau baiknya aja, bukannya iri tapi kasihan aja ma cewe yang jadi korbannya

enaknya gimana yaa...
klo bilang ke orang lain tentang keburukannya tidak baik, tapi kalau orang lain tidak tau akan jatuh korba yang lebih banyak lagi...
bingung ni...

ZAKY ZETYA said...

Mungkin cewe itu disakitin karena ditolak Yo... :)

Yah,jgn dilihat dari satu sisi saja. Coba lihat dari sisi satunya,ada apa dgn cewek2 itu?

"Barangsiapa yang menutupi aib saudaranya,maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat kelak." (Hadits,tp maaf lp riwayatnya.Insya Allah Shahih).

Jadi,biarkan saja kita dan mereka tau yg baik2nya saja.Itu lebih baik.Sedangkan jika di dalamnya ternyata buruk,maka biarkan Allah yang menilai.Kita cukup menilai apa yg terjangkau oleh akal saja.