◄ Vice Versa ►

Monday, March 26, 2007

Si Mata Celepuk

“Eh, Celepuk! Apa kabarnya? Sombong aja nih...”

Duwh, kayaknya dah lama bener denger istilah itu. CELEPUK. Alias, burung hantu. Kalo siang tidur, kalo malem kelayapan. Enak aja nih orang, pikir gw. Maen seenak udelnya manggil gw Celepuk. Emang gw kayak gitu tah?


Usut punya usut, ternyata emang iya! Gw dulu kayak gitu. Namanya juga temen lama, yang dah gak pernah lagi bertegur sapa. Jadi, pas ketemu, ya, negornya memori lama, lah. *Fren, elo gak ap-tu-det banget sih!* Celepuk tuh, dah ilang dari ingetan gw. Dan gw pengen ngapusnya sama sekali. Soalnya, ya, gak pantes lah, seorang cewek, feminin, imut bin ajaib ini gitu loh, malem-malem kelayapan. Lagian, gw gak ada sayap loh.. (ssst, rahasia! Kebanyakan orang taunya kalo gw nih cewek bersayap kuning!)


Tapi pas gw ngaca, ternyata mata gw emang berkubil gede! Persis kayak orang belum tidur seminggu. Wah, gw kucek-kucek tuh mata. Kok, kagak ngilang-ngilang yak? Ugh! Pantesan aja tuh temen gw manggil gw celepuk! Bukannya karena gw sering pulang malem, tapi karena mata gw yang kubilnya gede gak ketulungan!
Hehe, gw jadi ketawa sendiri. Mau gw kompres seharian, sembebnya mata gw gak kan ilang! Gak bakalan kempes. Kalo mata gw karet iya juga, tinggal gw tusuk pake jarum pentul, pesssss. Kempes deh. Lai, lai... bagi pompanya dong! Gw pengen mompa mata gw. Biar jadi guedeeeee banget! Biarin orang tau kalo mata gw sembeb. Biarin Mike Tyson tau kalo dia ada lawannya, yang lagi ada di ujung Sumatra Indonesia. Biar celepuk tau kalo dia ada saingan! (Emang dia aja yang matanya gede).

“Kenapa sih lo?” Kemaren ada yang tanya gitu sama gw. Busyet dah! Setelah gw nengok, kawan gw yang gak penting itu negor gw. Tumben lo, dalem ati gw. Yah, mungkin karena tau, dia tanya lagi, “Ci! Kenapa sih loooooo?” Yang akhirnya cuma gw tanggepin dengan nyengir dingin, au ah!

Satu per satu, orang-orang pada pergi. Setelah aksi cuek bebek gw, yang mungkin mereka pada gak nahaaaan... Hihihi, asyik juga yah nyuekin orang. Dah ah, bodo, pikir gw. Gw lagi asyik ama kecuekan gw nih fren.*

*Akhir dari sebuah cerita fiksi.

Egoiskah?

Banyak orang menilai, kalo gw tuh egois. Pengennya menang terus. Pernah gw bertanya, “bisa gak kalian tunjukkin ke gw, di mana letak keegoisan gw?” Dan ini sederet jawaban mereka.

1) Setiap kali berpendapat, pendapat gw selalu ‘mengarahkan’ ke arah yang gw mau. Tanpa peduli jawaban gw bener atau salah menurut mereka. 2) Setiap kali ngomong, gw selalu pengen didengerin. Tapi giliran orang lain yang ngomong, gw sibuk baca buku. 3) Setiap kali janji, gw bisa seenaknya aja ngelanggar. Tapi setiap orang yang ngebatalin janji dengan gw, gw bisa marah sampe tiga hari! 4) Setiap kali gw bilang ama orang, “tahan emosi!” Setiap kali gw ada masalah juga gw nangis dan marah.

Dan masih banyak keegoisan yang mereka sebutkan, hingga kepala gw pusing mendengarkan suara mereka. Bagaikan slow motion di film-film. Kepala gw muter-muter entah kemana. Yang tampak cuma gerakan bibir mereka yang tidak terdengar suaranya, dengan raut wajah yang seolah menghakimi.

Tapi bagi gw, jawaban mereka adalah sesuatu yang masih bisa gw bela. Gw masih punya alasan untuk menolak semuanya. Satu hal yang gak bisa gw bantah, yaitu K-E-E-G-O-I-S-A-N gw kepada Allah. Allah SWT dah ngasih gw umur, kesehatan, rezeki, bahkan sahabat untuk menemani dan berbagi kasih. Tapi, gw EGOIS dengan tidak mempedulikannya sama sekali. Beberapa hari yang lalu, gw SAKIT. Tapi sepanjang hari gw ngeluh karena sering gak tahan menahan sakit. Bulan lalu gw mendapat REZEKI yang cukup lumayan dari hasil kerja gw. Tapi belum sedikitpun gw sedekahin ke kaum yang membutuhkan. Bertahun-tahun lalu, berbulan-bulan lalu, berhari-hari, bahkan sejam yang lalu, Allah dah ngasih gw SAHABAT buat gw berbagi cerita, kasih, serta duka yang gw alami. Tapi semua gw sia-siakan. Gw diam seribu bahasa di depan mereka. Fren, gw gak bisa ngomong. Yang bisa gw kasih ke kalian hanyalah menunjukkan betapa EGOISnya gw kepada semua hal! Gw gak tau sampai kapan hal ini bakal terjadi sama gw.

Ada pepatah mengatakan, “kita baru merasa memiliki sesuatu, ketika kita kehilangan sesuatu itu.” Dan gw harap, gw gak sampai sejauh itu.

-ujung 69-
20 Maret 2007

Pilihan

I’ve become tired of wasting my time.
Thinking ‘bout choices that i’ve made.
‘Cause i can’t move forward while looking behind.
The only thing I can do now is change the way that i used to be.
‘Cause now it seems crystal clear to me.

(More Than Memory - Hoobastank)


Salah satu lirik lagu favorit gw. Iramanya juga enak didenger dikala hati lagi bad mood. Friend, the lyrics are so deep! Pilihan ada di tangan gw. Selebihnya, terserah Tuhan mau ngizinin apa gak. Pilihan-pilihan itu betebaran di depan mata gw. Melayang-layang mengitari kepala gw. Gw gak bisa stagnan gini aja. Gw harus gerak, g-e-r-a-k. Walau dengan susah payah. You know what, kadang gw mati rasa. Ketika ada sesuatu yang menghantam kepala gw dengan begitu kerasnya, gw masih bisa santai duduk dengan tenangnya. Sambil mulut mengunyah permen karet, sebagai tanda gw gak peduli dengan sekitar. Tapi, cuma mulut gw aja yang bisa gerak. Tapi tangan, kaki, badan gw diam sama sekali. Sesuatu itu menghantam lagi. Yang kedua kali. Lebih keras dari yang pertama. Dan badan gw dengan santainya masih bergeming. Bahkan mulut gw gak cuma ngunyah aja, tapi juga senyum ketus, ‘mau apa sih sesuatu itu. Pake nyenggol-nyenggol badan gw segala’.

Ugh! Manusia kepala batu! Apa iya gw kayak gitu? Gw capek ngabisin waktu, buang-buang waktu gw dengan sia-sia dan hanya sekedar bertanya, ‘apa sih?’. Pilihan-pilihan itu masih berkitaran. Melayang-layang mengelilingi kepala gw. Seketika, ada sebuah kekuatan yang mendorong gw untuk memilih dan mengambil pilihan itu. Plik! Gotcha! Gw dah ada pilihan. Dan saat ini pilihan itu dah ada di tangan gw. Gw pandangin tuh pilihan, gw bolak balik. Bener gak nih yang gw pilih? Apa gw taro lagi di kitaran kepala gw, dan memilih yang laennya?

Sampai akhirnya, gw memutuskan untuk meletakkan kembali pilihan itu. Karena gw merasa gw harus adil pada semua pilihan yang tersedia. Gw kembali duduk dengan tenang. Kali ini tidak dengan diam. Tapi justru membuat semua pilihan yang berkeliling di kepala gw tadi menjadi terseleksi dengan sendirinya.

Gosh. Suatu saat, gw HARUS mengambilnya. Sampai gw yakin bahwa gw bener-bener siap. Dan Hanya Kau-lah yang bisa menunjukkannya, Tuhan.

-Ujung 69 / 19 Maret 2007 / 22:19 WIB

Cermin di Dinding

Kemaren gw beli cermin baru. Soalnya cermin yang lama dah pecah, sampe sulit banget untuk diperbaiki. Setiap kali gw berkaca, retakan satu nongol. Esoknya, retakannya tambah parah. Hingga terakhir gw berkaca, cermin tuh hancur lebur, praaaaang! Pecah gak ketulungan.

Selama seminggu, sebulan, bahkan setahun tuh cermin gw biarin gitu aja. Gw males buat berusaha ngebenerinnya. Sampe suatu ketika, salah satu retakannya gw ambil, dan gw liat ada noda darah di ujungnya. Yup! Itu darah tangan gw sendiri. Bekas yang lalu belum ilang juga. Gw liat kondisi tangan gw, bahkan dari dulu sampe sekarang tangan gw gak sakit dan gak ngalamin apa-apa. Kenapa nodanya bisa membekas? Sama seperti dua hari yang lalu, ketika gw mendapati bantal gw basah air mata, tapi gw gak ngerasa setetes airpun keluar dari mata gw.

Itu yang gw alamin selama ini fren. Gw dah buat darah, noda, dan sakit di hati dan tubuh orang lain. Tapi di diri gw sendiri, gak ngerasa apa-apa. Gw gak sadar ngelakuinnya. Seperti gak sadarnya gw memecahkan cermin dan membasahi bantal tadi.


Fren, apa ini tandanya gw orang yang gak tau diri? Apa cuma gw aja yang ngerasa kayak gini? Gw bener-bener gak tau fren. Gw jadi teringat kejadian tahun lalu. Ketika seseorang ngomong ama gw, “saya sakit hati, ci!” Tapi gw bengong. Gw gak tau kenapa gw bisa buat dia sakit hati. Dia gak ngejelasinnya. Dia pergi dengan amarah yang tertinggal. Tapi tetep aja, gw gak bisa ngerasa itu.


==

Cermin baru itu menunggu untuk gw tengok. Tapi gw terlalu takut untuk memecahkannya lagi. Cermin yang lama emang masih gw simpen, juga menunggu untuk gw perbaiki. Entah kapan. Gw cuma senyum aja ama tuh cermin. Gw liat, cermin itu masih aman di bungkusan plastik putih. Bau pabrikan masih kecium, pertanda barang baru dan murni. Gw yakin di dalemnya, cermin itu lebih baik daripada cermin yang gw pecahin sebelumnya.

Hingga suatu saat, gw bakal siap buat memajangnya. Dan dengan bangga bercermin kepadanya, sambil bertanya, “cermin cermin di dinding, siapakah gadis yang paling cantik di dunia?”


-19 Maret 2007. Ujung Telukbetung

Ke-eksisan Diri

UKPM Teknokra tidak akan mati, Insya Allah. Namun, hal itu membutuhkan kerja keras yang luar biasa. Suatu waktu pernah dikatakan, oleh seseorang yang berasal dari koran daerah saya (saya lupa siapa namanya, pen). “Yang namanya Pers Mahasiswa, sulit untuk berkembang. Karena setiap tahunnya berganti kepengurusan.”

Dan sejak Januari 2007 lalu, tongkat estafet telah berpindah dari Pemimpin Umum terdahulu, Yudi Nopriansyah, kepada Taufik Jamil Alfarau. Dengan bergantinya kepengurusan, secara otomatis, seluruh pengurus pun mengalami reshuffle. Termasuk saya. Tahun-tahun sebelumnya saya menjabat di Unit Kreatif selama hampir dua tahun, Artistik selama setengah tahun, dan setengah tahun lagi menjadi Redaktur Artistik. Tahun ini, saya dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Kesekretariatan.

Mungkin karena sebelumnya saya sering ditempatkan pada Seksi Kesekretariatan pada setiap kegiatan, maka jabatan itupun meluncur ke saya. Bukan hal yang mudah untuk memegang jabatan baru. Namun, bagi saya, justru itu tantangan terbesar bagi saya. Saya punya hobi untuk mendesain, walaupun dengan tenaga yang pas-pasan. Dan ketika berganti jabatan, otomatis waktu saya akan berkurang.

Saat ini, hingga besok-besok, tantangan terbesar saya adalah mentransfer seluruh ilmu yang telah saya dapatkan sewaktu saya menjabat sebagai layouter kepada adik-adik saya. Karena yang saya harapkan adalah, ketika saya sudah keluar dari Teknokra ini, saya bisa membantah omongan orang di atas. “Kau lihat? Kami bisa berkembang!” Semoga.

(18 Maret 2007)

Suara Tuhan Lewat Hujan

Kemaren ujan deres banget. Tapi gara-gara ujan juga, gw jadi ngerasa sebagai free woman, wanita yang bebas, karena jarang banget gw bisa maen ujan-ujanan sepuas hati kayak kemaren. Sambil bawa motor Jupiter kesayangan, sesekali ditegor ama kenek angkot yang ngeledekin, "dingin ya Mbak? Kasian deh!" Dan jarang-jarang juga gw nanggepin ledekan itu dengan ketawa, sambil ngomong ama tuh kenek, "lo belum pernah kena lempar sepatu yah?". Gw mutusin buat buka kaca helm gw. Selain gelep, gw pengen nikmatin muka gw ditabok2 ama aer ujan pemberian Tuhan.

Pas di Kedaton (Teuku Umar kayaknya), jalanan banjir ampe ngerendem setengah ban motor Jupiter kesayangan gw! Untung gak ngadat, walaupun ban motor kayak sering kepeleset. Gw setel di gigi 3, eh, gak kuat juga ngadepin banjir! Alhasil pindah ke gigi 2 deh... Ugh! Jilbab gw dah gak ketauan lagi mana yang keringnya, walaupun gw dah pake jas ujan.

DERES BANGET! Tapi pas jalan sampe rumah, kayak gak ujan. Orang2 masih di luar. Duh, pikir gw, dah jam berapa sekarang? Apa orang2 ini gak sholat tah? Apa jangan2 dah lewat waktu? Duh, otak gw makin gak keruan.

Sampe depan pintu rumah, ada Popo, brother gw satu2nya. Dia baru selesai sholat di ruang tamu. Alhamdulillah, ternyata masih sempet. Gw minta tolong Popo buat ngurusin motor, sementara gw ngurusin badan gw yang dah kayak kucing kecebur got. Ternyata jas ini gak mempan buat nahan ujan. Langsung mandi, sambil ketawa2 kecil, sadar kalo gw nih konyol banget!

GOD! Makasih ya Allah, hamba selamet sampe tujuan. Makasih dah dikasih kesempetan buat menikmati hujan-Mu yang luar biasa itu.

Abis sholat, gw makasih banget ama Allah. Dalem ati minta semoga papa maapin karna motornya dah gw ujan2nin, ampe kerendem segala. Tapi setidaknya gw lebih tenang. Walau menggigil, gw seneng. Dah lama gw gak menggigil kayak gini.

Inilah ritual penyembuhan batin gw. Dengan cara yang aneh, karena gw masih lemah dalam hal ilmu mengenali-Nya. Setiap ujan, gw berkata pada sahabat gw,

Mari rasakan dinginnya malam.
Serta uap tanah yang basah karenanya.
Sekalian menghidupkan tangis pada jiwa yang telah mati.
Apa kau dengar suara Tuhan?
Lewat alamlah Dia berkata.

===
Brothers and sisters, gw pengen cerita neh kenapa gw bisa keujanan kayak gitu.


Awalnya, Selasa pukul satu siang. Gw memutuskan dengan segenap hati untuk dateng ke organisasi gw, untuk lanjutan acara kemaren (yang di pantai Tanggamus) yang sempet pending. Mulainya emang jam satu, tapi saat itu juga gw berangkat dari rumah! Bawa si Jupiter, ngebut karena khawatir telatnya kelamaan. Sampe sana sekitar jam setengah dua kurang! Pas masuk, ngeliat Kak Ago n Towox lagi maen catur, Si Bobby lagi tidur (kayak anak kecil lu Bob :p), si Sri magang lagi ngetik struktur BEM suruhan Padkay, and Kak Donkay yang lagi ngetik entah tulisan apaan. Hm, siapa lagi yak? (Maaf deh kalo ada yang gw lupain. Soalnya muka-muka yang terekam di benak dan hati gw mungkin cuma mereka, hehe).

Gw inget gw belum nyiapin absensi. Minta izin Kak Donkay buat, "geser dulu ya Kak Doooon... Bentaaaar ajah! Mau ngeprint." Walaupun semestinya emang tuh komputer diutamain buat kepentingan organisasi dulu, tapi, that's fine lah. Cuma ngeprint selembar ini. Dah beres, Kak Don kembali ke laptop. Eh, salah, ke komputer. Tik tik tik...

Oiya, ada Edikay and Tukul juga. (Aneh2 yah namanya, ini dia keunikan organisasi gw. Kebanyakan marga Kay). Si Bobby dah bangun. Dia bilang, "eh, ada si Uchy ya?". Bob, bob... makanya jangan bobo aja. Gw dateng lu kagak tau. Kecewa. Jam dua tepat. Akhirnya acara lokakarya lanjutan di mulai. Satu, dua, tiga, cuma sebelas dari 61 orang yang dateng! Termasuk tiga magang. Huehehehe, muka gw dah aneh, senyum kecut, senyum kecewa. Kok cuma segini yang dateng. Lokakarya selesai jam setengah tiga, setelah sesi sosialisasi dan tanya jawab.

Selesai acara, gw iseng ngelanjutin baca buku pinjeman Tira, 'Dajjal Sudah Datang dari Khurasan'. Gara2 itu gw terlibat diskusi ama temen diskusi gw yang emang senengnya diskusi tentang apa aja yang bisa didiskusikan. Dialah Bobby n_n. Tapi karena gw sebenernya lagi gak minat ngobrol, jadi cuma setengah2 deh..

Si Bobby juga tanya, "gimana komputernya Chy? Dah beres?" Duh, Bob, why do you remind me about that?. It's the thing that makes me bored these several days. Especially it connected with Sekret's works. Honestly, I can't be alone, fella. I need friends, to share my complains. But, where are you, where are they, where am I?

I used to be alone...
But that’s fine my friend, I understand that you have a lot of works to do.
I’ll try to be independent as usuall as I can.
Just let me walking down the road, and I hope you’ll follow.
To erase my tears and pains.

(duo manusia)

*sore jam setengah lima*

Padkay n Nashrul ngambil duren (my lovely favorite food!) di tempatnya Ellie magang. Ada banyak. Tinggal makan, Dah dibukain. Padkay tanya, “makannya di luar apa di mana, Chy?” Gw bilang, “dalem aja Kay.” Sambil senyum2. “Oiya, gak enak ama tetangga.” Padkay bawa masuk tuh duren. And you know what? Gw gak beranjak dari tempat duduk gw! Biarkan saja mereka yang menikmati hidangan itu. Karena lidahku tlah kaku, dan hatiku pun tlah membisu.

Suara2 ketawa seneng dari belakang, ngebuat gw tambah miris. Gw gak bisa campur ke sana. GAK BISA! Gw lebih milih sendirian di sini. Tahan Chy, it’s just duren. Wajar kalo semua orang jadi hepi. “Wah Uchy ketinggalan,” kata Bobby. Seketika itu juga batin gw nangis.

*Jam enam kurang*

Satu persatu orang pada pulang. Gw mutusin buat nunggu bentar, karena gw mau magriban dulu. Eh, entah kenapa, gw juga pengen langsung pulang. Langit dah gelep. Mau ujan gede neh, pikir gw. Pulang, enggak, pulang, enggak, akhirnya, PULANG!

“Chy, mau nekat? Dah gelep,” kata Padkay sambil naekin motor dia. “Iya Kay.” Gw liat ke langit, asli mendung banget. Cuaca gak bersahabat. Mana mau Magrib. Rintik ujan dah kerasa di tangan gw. Gak lama, gw senyum2 sendirian. Gw seneng. Gw punya rencana GILA! Gw bakal tembus tuh ujan. Gw bakal tunjukkin ke orang-orang kalo gw gak kan kalah ama aer. Gw bakal... *wuik!* Gw gak tau apa alesan gw sebenernya...

Pake jas ujan. Sip! And the journey begins...

FIN

(Ujung 69)
25 Januari 2007